Kamis, 06 September 2012

Peralatan Fotografi

Ketika melihat sebuah foto yang menarik, yang terbayang dalam benak kebanyakan orang adalah, orang ini menggunakan kamera apa ya. Nah, saya akan menuliskan alat-alat fotografi yang saya gunakan dalam foto-foto landscape saya dan kenapa saya menggunakannya.

1. Canon EOS 7D


Canon EOS 7D
Ada begitu banyak yang bertanya kepada saya, lebih bagus mana, merek A atau merek B. Tipe A atau tipe B? kenapa? dan seterusnya. Jika ada yang bertanya kepada saya, kenapa saya menggunakan Canon 7D, saya akan menjawab karena saya tidak mampu membeli Canon 5D mark 2 yang adalah kamera full frame. (hehe) Sedangkan Canon 7D adalah kamera crop sensor. Bagi yang belum mengerti soal perbedaan kamera full frame dan kamera crop sensor, saya akan mencoba menjelaskan sedikit. Ukuran sensor kamera full frame lebih besar daripada kamera crop sensor. Kelebihannya kamera full frame umumnya adalah hasil lebih tajam, warna lebih baik dan "noise" lebih sedikit dibandingkan kamera crop sensor. Well, kelemahannya adalah... Harga yang tinggi.

Sebelum saya menggunakan 7D, saya telah memiliki Canon EOS 350D yang juga adalah kamera crop sensor. Kenapa saya membeli 7D? Alasan pertama adalah saya membutuhkan kamera yang lebih "tahan" terhadap pemakaian dibandingkan dengan kamera lama. Alasan kedua, saya membutuhkan kamera yang lebih "responsive" artinya kamera yang cepat terhadap permintaan kita. Misalnya, ketika ada sebuah kejadian yang terjadi tiba-tiba, ketika saya memencet tombol shutter, kamera harus bisa seketika itu juga menjawab "permintaan" saya. Ya, saya sudah menggunakan Canon 7D selama kurang lebih 3 tahun dan selama itu juga kamera ini tidak pernah mengecewakan saya.

2. Lensa Canon EF-S 10-22mm

Lensa Canon EF-S 10-22 mm
Lensa ini adalah lensa ultra wide (lensa lebar) buatan Canon khusus buat kamera crop sensor. Lensa ini tidak bisa digunakan atau dipasang ke kamera full frame misalnya Canon 5D mark 2. Hampir semua foto landscape saya menggunakan lensa ini. Ada beberapa merek lain seperti Sigma, Tokina dan Tamron yang juga membuat lensa ultra wide. Saya belum pernah menggunakan merek lain jadi tidak bisa memberikan komentar mengenai mereka. Lensa ini sangat tajam dan warna yang dihasilkan sangat bagus. "Distortion" yang dihasilkan juga sangat baik. Harga jual kembali lensa ini juga cukup baik. Jikalau teman-teman ingin menghasilkan foto dengan awan yang dramatis, boleh mencoba lensa ultra wide.








(to be continued)

Tidak ada komentar: