Minggu, 09 September 2012

Hal yang perlu diperhatikan sebelum hunting Landscape 2

Canon 7D, 10mm, F8, 1/6 Graduated ND8
Location: Batu Burung Singkawang

4. Pakailah sepatu atau sandal yang tidak licin
Terkadang kita perlu berjalan di bebatuan yang basah dan berlumut licin untuk mencari komposisi yang bagus. menggunakan sandal yang dasarnya licin sangat membahayakan diri kita. Jikalau kita tidak peduli dengan keselamatan diri, pikirkan keselamatan kamera mahal kita :P Ada sebuah pengalaman pribadi, suatu ketika saya hunting tidak berhati-hati jalan di antara bebatuan licin dan akhirnya jatuh. yang menarik adalah, saya masih sempat mengangkat kamera saya tinggi sehingga kamera tidak tergores sedikit pun. tetapi tangan kan kaki saya lecet. haha. kita lebih sayang kamera daripada diri kita. jadi pakailah sepatu atau sandal yang tidak licin supaya tidak membahayakan kamera "mahal" kita :D

5. Perut jangan kosong
Perut kosong akan membuat tangan saya tidak stabil memegang kamera. sehingga foto saya ketika diambil "handheld" akan banyak "blur" alias tidak tajam. Perut kosong juga mengganggu pikiran kita di dalam hunting. Makanlah snack ataupun roti sebelum hunting. karena ketika hunting, kita harus konsentrasi ke momen, bukan perut kita.

6. Sebelum hunting, beritahu atau izin dulu ke orang tua, istri, suami, kakek, nenek, ketua RT/RW, Lurah, Camat, Walikota dll
Well, mungkin kita tidak kenal Lurah kita. paling tidak biar ada satu orang yang tahu kita akan pergi hunting. Jangan timbulkan kegelisahan kepada orang-orang yang kita kasihi ketika kita pergi hunting. Biasanya lokasi hunting yang jauh, tidak memiliki signal handphone.

Buat bidang fotografi yang lain seperti macro atau modelling, mungkin persiapannya hampir sama. Ada teman-teman yang mau tambahkan? Salam

1 komentar:

adi mengatakan...

Bro apakah foto ini pakai flash atau reflektor ? Bagaimana spy foreground nya bisa keliatan dan tidak siluet