Sabtu, 08 September 2012

Hal yang perlu diperhatikan sebelum hunting Landscape

(Photo by Ferdinand)
Kadang kala karena berbagai kesibukan pekerjaan ataupun karena kelalaian, kita berangkat ke lokasi hunting tanpa persiapan. berbagai pengalaman tidak baik telah mengajarkan saya untuk selalu melakukan persiapan sebelum berangkat hunting. Selain kamera, lensa dan tripod (barang yang mungkin tidak terlupakan), ada beberapa hal yang perlu kita cek, antara lain:

1. Cek baterai dan memory card
Baterai dan Memory Compact Flash

Saya pernah sekali tidak membawa baterai dan sekali tidak memasang memory card. Memiliki kamera dan lensa "mahal" tidak ada artinya kalau kita lupa membawa salah satu. Juga tidak ada artinya jikalau kita membawa semua tetapi baterainya kosong ataupun memorynya penuh. Bagusnya kita memiliki cadangan satu baterai dan satu memory yang selalu disimpan dalam tas. 

2. Cek "quick release plate" tripod
Quick Release Plate Manfrotto

Quick release plate tripod adalah sebuah alat yang digunakan untuk memasang kamera kita ke tripod. Kita sudah cek kamera, cek baterai, cek memory bahkan sudah membawa tripod. Sampai ke lokasi hunting, ternyata quick release tripod kelupaan. sia-sia deh kita membawa tripod berat-berat tetapi tidak bisa digunakan :D Mungkin ada yang berpendapat, bisa kok kamera ditaruh di atas tripod tanpa quick release. well, kalau kita foto di lokasi dengan bebatuan licin dan perlu komposisi susah, saya tidak menyarankan anda menaruh kamera tanpa quick release di atas tripod :D


3. Cek filter dan segala aksesoris

Mungkin repot membawa berbagai macam filter dan aksesoris yang pada akhirnya mungkin tidak dipakai. Tetapi akan lebih repot ketika kita perlu menggunakan mereka dan kita tidak membawanya. Kita tidak bisa menebak lokasi hunting, cuaca, cahaya dll. Kita perlu antisipasi dengan membawa semua yang kita mungkin akan butuhkan pada saat hunting. Aksesoris berupa lap lensa, senter, blower perlu selalu berada dalam tas. Bayangkan anda hunting di pantai dengan ombak dan angin yang cukup kuat. sehingga filter atau lensa anda basah dan hasil foto menjadi soft. Dan anda lupa membawa lap lensa. eitsss.. hati-hati kalo dilap menggunakan baju. jangan-jangan lensa mahalnya tergores lho. 
Dan bayangkan lagi kita hunting di sebuah lokasi yang terisolasi. karena asyiknya hunting sunset dan tiba-tiba semakin gelap dan gelap. Waktu berangkat terang, sekarang gelap dan kita kelupaan senter. nah ada satu solusi, bisa pake flash kamera. flash sekali, jalan selangkah :P kalau anda menggunakan Canon EOS 5D mark 2 yang tidak memiliki flash? semoga anda tidak kelupaan handphone dan pakai cahaya LCD handphone untuk berjalan ke kendaraan :D


(To be Continued)

Tidak ada komentar: