Rabu, 10 April 2013

Shadows / Highlight


Di kesempatan ini saya ingin share mengenai sebuah fitur pada photoshop yaitu shadows/highlight.
Shadows/highlight mempunyai fungsi untuk menerangi bagian gelap (shadow) dan mengurangi bagian yang terang (highlight).

Fotografer landscape sering mendapatkan foto sunset/sunrise dengan dynamic range (rentang cahaya bagian gelap dan terang) yang cukup tinggi. Akibatnya, bagian foreground menjadi gelap dan bagian langit terlalu terang tidak kelihatan detail.Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. salah satunya menggunakan graduated Nd untuk menyeimbangkan exposure langit dan foreground. Tetapi terkadang hal tersebut masih tidak cukup. Kita dapat mencoba menggunakan fitur Shadows/Highlight.

Foto berikut diambil di pantai Kura-Kura Singkawang menggunakan Canon 7D, lensa EF-S 10-22mm dan graduated nd. Dapat dilihat bahwa detail pada bebatuan tidak begitu jelas dan langit terlalu terang.
Foto dari Kamera
Shadows/Highlight dapat dibuka pada photoshop di Image - Adjustments - Shadows/Highlight. Klik Show More Option. Dan settingannya sebagai berikut:


Dapat dilihat bahwa sekarang detail bagian bebatuan dan langit sudah kelihatan.
Foto setelah Shadows/Highlight


Untuk finishing akhir, bisa ditambahkan kontras atau saturasi sesuai dengan selera kita. Semoga bermanfaat.
Foto setelah ditambah kontras


4 komentar:

Ade Rinaldi mengatakan...

Amat bermanfaat om ..thanks sharing nya ...

Ipin Utoyo mengatakan...

Karna ketertarikan saya pd galeri foto-foto landscape milik Bro di facebook membuat aku tidak pikir panjang untuk mengunjungi blog ini... Sangat bermanfaat tulisannya... Sukses slalu Bro...

Anonim mengatakan...

Salam jepret bang...Saya sangat kagum dengan hasil karya abang,mulai dr akun FB abang, mau pun di blog ini. Sudi kira nya untuk mengajak saya hunbar jikalau abng berkenan...serta membimbing saya dalam dunia landscape...Terima kasih.

Salam
Wawa hitamputih

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat dude salam daei 2k19